Etimologi Multimedia

Istilah multimedia pertama kali di kenal pada dunia teater, yang mempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual. Umumnya juga orang mengenal multimedia sebagai sistem dari komputer personal (PC) yang berkembang pesat dewasa ini. Dalam Perkembangannya pengajaran, latihan, pembuatan manufaktur, sedang dalam system perekonomian layak digunakan untuk kegiatan promosi penjualan.
Menurut Robert Webking, multimedia secara etimologi  di artikan sebagai, multi (banyak) medium (prantara media). Dalam bidang informasi multi media memiliki makna yaitu persekutuan media diantara sumber dan pemasukan informasi atau persekutuan alat dengan mana informasi di simpan, ditransmisikan, dipresentasikan dan diterima.


Definisi Multimedia Menurut Etimologi
Istilah multimedia muncul melalui media masa diawal 1990. Istilah ini dipakai untuk menyatukan teknologi digital dan analog  dibidang entertainmentpublishing, communications, marketing, advertising, dan juga commerce. Multimedia merupakan penggabungan dua kata multi dan media. Multi berarti banyak sedangkan media atau bentuk jamaknya berarti medium. Banyak batasan yang diberikan orang tentang media. Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar.
Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Sedangkan Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association of Education and Communication Technology/AECT) di Amerika membatasi media sebagai salah satu bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan/informasi. Istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima. Medium adalah entitas yang dilewati oleh sesuatu. Contohnya medium artistik (lukisan, sculpture) adalah kendaraan para arti  untuk menyampaikan idenya. Contoh lainya adalah “media masa” yaitu kanal komunikasi dan informasi. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dala bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Dapat disimpulkan multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.

Empat komponen utama multimedia :
  1. Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai
  2. Links, yang menghubungkan dengan informasi
  3. Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
  4. Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai


Karakteristik Multimedia
Multimedia juga mempunyai karakteristik, yaitu ada 2 bentuk:
  1. Bentuk Linier: Sebuah stuktur Multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite informasi ke yang kainnya.
  2. Bentuk non linier: Stuktur Multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.

Dari karakteristik tersebut meliputi diantaranya yaitu:
  1. Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
  2. Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.
  3. Mengembang Multimedia, membuat judul Multimedia dengan piranti Authoring.
  4. Proyek Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia.

Ada beberapa istilah- istilah yang sering dipergunakan dalam Multimedia, yaitu:
  1. Multimedia Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhir atau USER dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan.
  2. Programmer Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan yang hakus menggunakan sebuah sisstem Authoring/bahasa pemrograman.

Proyek Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau televisi. Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan Multimedia.

Multimedia Content Production 
Penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
1)      Media teks atau tulisan
2)      Media audio atau suara
3)      Media video
4)      Media animasi
5)      Media gambar
6)      Media Interaktif
7)      Media spesial effect

Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan/ menyiarkan/ mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
1)        TV
2)      Radio
3)      Film
4)      Media Cetak
5)      Musik
6)      Game
7)      Entertainment
8)      Tutorial
9)      Internet

Jenis-jenis Konten Multimedia
Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:
a. Teks
Teks adalah simbol berupa medium visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman. Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size 10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar ukuran huruf tersebut.
b. Grafik
Grafik adalah suatu medium berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik terdiri dari gambar diam dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital, lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi, video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar bergerak juga memiliki durasi.
c. Audio
Audio atau medium berbasis suara adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.  Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.
d. Interaktivitas
Interaktivitas bukanlah medium, interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia. Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk  media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design. Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan  satu pilihan situasi saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam pilihan kepada pengguna.
Terdapat beberapa metode yang digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
  1.  Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
  2. Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
  3.  Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players,  tape recorder, radio.
  4. Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
  5. Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.


Jenis-jenis Multimedia:

Multimedia Interaktif
Pengguna atau user dapat mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program, virtual reality,dll.
Multimedia Hiperaktif
Multimedia jenis ini mempunyai struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada. Isitilah Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide web, web site, mobile banking, Game on line, dll
Multimedia Linear / Squential
Multimedia Liner adalah jenis multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie atau film, e-book, musik dan siaran TV.
Multimedia presentasi pembelajaran.
Multimedia presentasi pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya: Microsoft Power Point.
Multimedia pembelajaran mandiri.
Multimedia pembelajaran mandiri adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan explicit knowledge dan tacit knowledge, mengandung fitur assemen untuk latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
Multimedia kits
Multimedia kits adalah kumpulan pengajaran bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir sekitar topik tunggal. yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM, Slide, Kaset Audio, Gambar Diam, Study Cetak, Transparasi Overhead tujuan:untuk presentasi dio kelas. Keunggulan: multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi sensorik,  kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di luar kelas(logiostik).
Hypermedia
Dokumen berurut non terdiri dari teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer. Contohnya adalah dengan pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
Media Interaktif
Sistem ini merupakan sistem pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif. Keunggulan: beberapa media teks, audio, grafik, gambar diam, dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
Virtual Realitas
Virtual realitas adalah media yang dapat disulasiakan tempat di dunia nyata
Keunggulan: untuk digunakan menggambarkan berbagai jenis aplikasi umumnya terkait dengan mendalam, sangat visual, 3D lingkungan.

Multimedia Communication 
adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah : 1) TV, 2) Radio, 3) Film, 4) Media Cetak, 5) Musik, 6) Game, 7) Entertainment, 8) Tutorial, dan 9) Internet.

Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Computer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.

Komunikasi multimedia di bagi menjadi 2 kategori:
Komunikasi Multimedia secara online. Menggunakan suatu cyber space berupa dunia maya (Internet) dan satelite (TV). Disini para pengguna multimedia terhubung dengan suatu jaringan yang luas (world) yang tergabung dalam suatu wadah tertentu. contoh : website, satelite TV.
Komunikasi Multimedia secara offline. Menggunakan suatu cyber space yang lebih kecil, sep­erti personal komputer dan cd. Disini para pengguna multimedia terhubung dengan suatu jarin­ gan lokal (terbatas) dan medianya bisa di bawa (dipindahkan). contoh : Company Profile dalam bentuk CD Multimedia Interaktif

Komponen Multimedia
Multimedia bukanlah suatu istilah baru karna konsepnya sudah ada sejak lama dan apple macin­tosh merupakan peloporyang membawa peranan multimedia menjadi sangat penting dibidang komputer terutama dalam memanfaatkan media computer. Hingga saat ini computer IBM PC atau compatible-nya juga mengikuti jejak tersebut dan mem-buat perkembangan multimedia menjadi sangat cepat. Tidak hanya sebatas pada komputer yang digunakan, tetapi juga sampai pada perangkat lunak (software).Sekarang ini multimedia banyak digunakan untuk bidang Advertising (Periklanan) ataupun untuk presentasi bisnis.
Multimedia terdiri dari berbagai elemen seperti suara, gambar, animasi dan teks. Dalam peran-canganya secara tidak langsung user dituntut untuk dapat menguasai program –program pengolah elemen tersebut:
  1. Teks. merupakan elemen dasar dari aplikasi Multimedia. Teks merupakan kumpulan huruf, angka dan bahkan symbol tertentu yang dapat merepresentasikan data seperti nama dan nilai. Format : txt
  2. Gambar. merupakan suatu data bersifat non karakter yang terbentuk dari suatu jaringan (grid) titik – titik yang sangat kecil.
  3. Gambar Bitmap (Raster image) adalah gambar yang menggunakan grid / matrik warna yang disebut dengan pixel untuk merepresentasikan kembali gambar di layer monitor. Gambar berpola bitmap sangat bergantung kepada tingkat kerapatan pixel (resolusi), oleh karna itu gambar bitmap berisikan jumlah pixel tertentu dan apabila gambar bitmap di perbesar melebihi batas jumlah maximal tingkat resolusinya akan timbul jagged atau berundak yang men-gakibatkan gambar tersebut terlihat pecah. Format : Jpeg, Tiff, Bmp, PNG dll Gambar atau Image berpola Vektor
  4. Gambar Vektor adalah gambar yang di bentuk dari sekumpulan garis lurus dan garis lengkung (kurva). Menggunakan perhitungan geometri (posisi x dan y). Gambar vector tidak bergantung pada tingkat resolusi, oleh karna itu gambar vector bisa di per­besar atau di perkecil tanpa mempengaruhi kualitas dari gambar tersebut. Format : Ai, Fh, Cdr dll
  5. Suara, merupakan suatu gelombang ( sinyal ) analog berbentuk sinusoidal. Untuk pemakaian dalam komputer, gelombang tersebut diubah menjadi sinyal digital dan disimpan dalam bentuk data didalam komputer Format : Wave, Mp3, Midi, WMAdll

Animasi dan Video merupakan sekumpulan gambar yang dibuat bergerak dalam satu satuan waktu (second).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMODELAN WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Pengembangan Media pembelajaran: Model ADDIE

Pembelajaran dan Pendidikan