Etimologi Multimedia
Istilah multimedia pertama kali di kenal pada dunia
teater, yang mempertunjukan pagelaran dengan menggunakan gerak, musik, dan
video untuk menambah dramatisasi suatu cerita. Sekarang multimedia dikenal
dengan panduan dari hasil gambar atau image, grafik, teks, suara, TV, dan
animasi sehingga menjadi suatu karya yang dapat dinikmati secara audio visual.
Umumnya juga orang mengenal multimedia sebagai sistem dari komputer personal
(PC) yang berkembang pesat dewasa ini. Dalam Perkembangannya pengajaran, latihan,
pembuatan manufaktur, sedang dalam system perekonomian layak digunakan untuk
kegiatan promosi penjualan.
Menurut Robert Webking, multimedia secara
etimologi di artikan sebagai, multi
(banyak) medium (prantara media). Dalam bidang informasi multi media memiliki
makna yaitu persekutuan media diantara sumber dan pemasukan informasi atau
persekutuan alat dengan mana informasi di simpan, ditransmisikan,
dipresentasikan dan diterima.
Definisi Multimedia Menurut Etimologi
Istilah multimedia muncul melalui media masa diawal 1990.
Istilah ini dipakai untuk menyatukan teknologi digital dan analog dibidang entertainment, publishing, communications, marketing,
advertising, dan juga commerce. Multimedia merupakan
penggabungan dua kata multi dan media. Multi berarti banyak sedangkan media
atau bentuk jamaknya berarti medium. Banyak batasan yang diberikan orang
tentang media. Kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak
dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau
pengantar.
Media adalah perantara atau pengantar pesan dari
pengirim ke penerima pesan. Sedangkan Asosiasi Teknologi dan Komunikasi
Pendidikan (Association of Education and Communication Technology/AECT) di
Amerika membatasi media sebagai salah satu bentuk dan saluran yang digunakan
orang untuk menyalurkan pesan/informasi. Istilah medium sebagai perantara yang
mengantar informasi antara sumber dan penerima. Medium adalah entitas yang
dilewati oleh sesuatu. Contohnya medium artistik (lukisan, sculpture)
adalah kendaraan para arti untuk menyampaikan idenya. Contoh lainya
adalah “media masa” yaitu kanal komunikasi dan informasi. Multimedia dapat
diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan
dan menyampaikan informasi dala bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Dapat disimpulkan multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.
Empat komponen utama multimedia :
- Komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang dilihat dan didengar oleh pemakai
- Links, yang menghubungkan dengan informasi
- Navigational tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yang ditampilkan
- Cara, untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai
Karakteristik Multimedia
Multimedia juga mempunyai karakteristik, yaitu ada 2
bentuk:
- Bentuk Linier: Sebuah stuktur Multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite informasi ke yang kainnya.
- Bentuk non linier: Stuktur Multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.
Dari karakteristik tersebut
meliputi diantaranya yaitu:
- Presentasi multimedia dapat meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
- Multimedia dapat memuat hubungan terstruktur yang disebut Hypermedia.
- Mengembang Multimedia, membuat judul Multimedia dengan piranti Authoring.
- Proyek Multimedia ketika dipublikasikan disebut Judul Multimedia.
Ada beberapa istilah- istilah yang sering dipergunakan
dalam Multimedia, yaitu:
- Multimedia Interaktif yaitu Multimedia yang pengguna akhir atau USER dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan.
- Programmer Multimedia yaitu orang yang mengintegrasikan elemen bentuk keseluruhan yang hakus menggunakan sebuah sisstem Authoring/bahasa pemrograman.
Proyek Multimedia yaitu sarana perangkat lunak pesan
dan isi yang dapat dipresentasikan pada sebuah layar komputer atau televisi.
Atau juga bisa disebut dengan proses pembuatan Multimedia.
Multimedia Content Production
Penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics,
animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu
informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik,
film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan
beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media
(teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang
baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
1) Media teks atau tulisan
2) Media audio atau suara
3) Media video
4) Media animasi
5) Media gambar
6) Media Interaktif
7) Media spesial effect
Multimedia Communication adalah
penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet
untuk mempublikasikan/ menyiarkan/ mengkomunikasikan material periklanan,
publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media
yang digunakan adalah :
1)
TV
2) Radio
3) Film
4) Media Cetak
5) Musik
6) Game
7) Entertainment
8) Tutorial
9) Internet
Jenis-jenis Konten Multimedia
Multimedia interaktif menggabungkan
dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:
a. Teks
Teks adalah simbol berupa medium
visual yang digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan. Teks memiliki berbagai
macam jenis bentuk atau tipe (sebagai contoh: Time New Roman, Arial, Comic San
MS), ukuran dan wana. Satuan dari ukuran suatu teks terdiri dari length dan
size. Length biasanya menyatakan banyaknya teks dalam sebuah kata atau halaman.
Size menyatakan ukuran besar atau kecil suatu huruf. Standar teks memiliki size
10 atau 12 poin. Semakin besar size suatu huruf maka semakin tampak besar
ukuran huruf tersebut.
b. Grafik
Grafik adalah suatu medium
berbasis visual. Seluruh gambar dua dimensi adalah grafik. Apabila gambar
dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap disajikan melalui medium
dua dimensi. Hal ini termasuk gambar yang disajikan lewat kertas, televisi
ataupun layar monitor. Grafik bisa saja menyajikan kenyataan (reality) atau
hanya berbentuk iconic. Contoh grafik yang menyajikan kenyataan adalah foto dan
contoh grafik yang berbentuk iconic adalah kartun seperti gambar yang biasa
dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.
Grafik terdiri dari gambar diam
dan gambar bergerak. Contoh dari gambar diam yaitu foto, gambar digital,
lukisan, dan poster. Gambar diam biasa diukur berdasarkan size (sering disebut
juga canvas size) dan resolusi. Contoh dari gambar bergerak adalah animasi,
video dan film. Selain bisa diukur dengan menggunakan size dan resolusi, gambar
bergerak juga memiliki durasi.
c. Audio
Audio atau medium berbasis suara
adalah segala sesuatu yang bisa didengar dengan menggunakan indera pendengaran.
Contoh: narasi, lagu, sound effect, back sound.
d. Interaktivitas
Interaktivitas bukanlah medium,
interaktivitas adalah rancangan dibalik suatu program multimedia.
Interaktivitas mengijinkan seseorang untuk mengakses berbagai macam bentuk
media atau jalur didalam suatu program multimedia sehingga program
tersebut dapat lebih berarti dan lebih memberikan kepuasan bagi pengguna. Interaktivitas
dapat disebut juga sebagai interface design atau human factor design.
Interaktivitas dapat dibagi menjadi dua macam struktur, yakni struktur linear
dan struktur non linear. Struktur linear menyediakan satu pilihan situasi
saja kepada pengguna sedangkan struktur nonlinear terdiri dari berbagai macam
pilihan kepada pengguna.
Terdapat beberapa metode yang
digunakan dalam menyajikan multimedia, yaitu:
- Berbasis kertas (Paper-based), contoh: buku, majalah, brosur.
- Berbasis cahaya (Light-based), contoh: slide shows, transparasi.
- Berbasis suara (Audio-based), contoh: CD Players, tape recorder, radio.
- Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh: televisi, VCR (Video cassette recorder), film.
- Berbasiskan digital (Digitally-based), contoh: komputer.
Jenis-jenis Multimedia:
Multimedia Interaktif
Pengguna atau user dapat
mengontrol secara penuh mengenai apa dan kapan elemen multimedia akan
ditampilkan atau dikirimkan. Contoh: Game, CD interaktif, apilkasi program,
virtual reality,dll.
Multimedia Hiperaktif
Multimedia jenis ini mempunyai
struktur dengan elemen elemen terkait yang dapat diarahkan oleh pengguna
melalui tautan(link) dengan elemen elemen multimedia yang ada. Isitilah
Richmedia juga dipakai untuk menyebut Multimedia Hiperaktif. Contoh: world wide
web, web site, mobile banking, Game on line, dll
Multimedia Linear / Squential
Multimedia Liner adalah jenis
multimedia yang berjalan lurus. Multimedia jenis ini bisa dilihat pada semua
jenis film, tutorial video, dll. sedangkan Multimedia Interaktif adalah jenis
multimedia interaksi, artinya ada interaksi antara media dengan pengguna media
melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya. Multimedia linear
berlangsung tanpa kontrol navigasi dari pengguna. Penyajian multimedia liner
harus berurutan atau sekuensial dari awal sampai akhir. Contoh: Movie atau
film, e-book, musik dan siaran TV.
Multimedia presentasi
pembelajaran.
Multimedia presentasi
pembelajaran adalah alat bantu guru dalam proses pembelajaran dikelas dan tidak
menggantikan guru secara keseluruhan. Contohnya: Microsoft Power Point.
Multimedia pembelajaran mandiri.
Multimedia pembelajaran mandiri
adalah sofware pembalajaran yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara mandiri
tanpa bantuan guru. Multimedia pembelajaran mandiri harus dapat memadukan
explicit knowledge dan tacit knowledge, mengandung fitur assemen untuk
latihan,ujian dan simulasi termasuk tahapan pemecahan masalah. Contohnya
Macromedia Authorware atau Adobe Flash.
Multimedia kits
Multimedia kits adalah kumpulan pengajaran
bahan pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu jenis media dan diorganisir
sekitar topik tunggal. yang termasuk diantaranya yaitu: CD-ROM, Slide, Kaset
Audio, Gambar Diam, Study Cetak, Transparasi Overhead tujuan:untuk presentasi
dio kelas. Keunggulan: multimedia kits membakitkan minat karena mereka multi
sensorik, kits menjadi mekanisme ideal untuk merangsang kerja kelompok
proyek kecil, kitys memiliki keunggulan yaitu dapat diangkut dan digunakan di
luar kelas(logiostik).
Hypermedia
Dokumen berurut non terdiri dari
teks,audio,informsi visual disampan dalam komputer. Contohnya adalah dengan
pembelajaran menggunakan link pada sebuah web.
Media Interaktif
Sistem ini merupakan sistem
pengiriman pembelajaran yang direkam visual,suara,dan bahan video disajikan di
bawah kontrol komputer untuk tinjauan yang tidak tidak hanya melihat dan
mendengar gambar dan suara tetapi juga membuat tanggapan aktif. Keunggulan:
beberapa media teks, audio, grafik, gambar diam, dan semua gerak
gambar dapat dikombinasikan dalam satu system yang mudah digunakan.
Virtual Realitas
Virtual realitas adalah media
yang dapat disulasiakan tempat di dunia nyata
Keunggulan: untuk
digunakan menggambarkan berbagai jenis aplikasi umumnya terkait dengan
mendalam, sangat visual, 3D lingkungan.
Multimedia
Communication
adalah penggunaan media
(massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk
mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan,
publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media
yang digunakan adalah : 1) TV, 2) Radio, 3) Film, 4) Media Cetak, 5) Musik, 6) Game, 7) Entertainment, 8) Tutorial, dan 9) Internet.
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan
menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi
tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang
dikeluarkan oleh Computer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa
yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia
akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa
yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.
Komunikasi multimedia di bagi menjadi 2 kategori:
Komunikasi
Multimedia secara online. Menggunakan suatu cyber
space berupa dunia maya (Internet) dan satelite (TV). Disini para pengguna
multimedia terhubung dengan suatu jaringan yang luas (world) yang
tergabung dalam suatu wadah tertentu. contoh : website, satelite TV.
Komunikasi
Multimedia secara offline. Menggunakan suatu cyber space yang lebih kecil, seperti
personal komputer dan cd. Disini para pengguna multimedia terhubung dengan
suatu jarin gan lokal (terbatas) dan medianya bisa di bawa (dipindahkan). contoh : Company Profile
dalam bentuk CD Multimedia Interaktif
Komponen
Multimedia
Multimedia
bukanlah suatu istilah baru karna konsepnya sudah ada sejak lama dan apple
macintosh merupakan peloporyang membawa peranan multimedia menjadi sangat
penting dibidang komputer terutama dalam memanfaatkan media computer. Hingga saat ini computer
IBM PC atau compatible-nya juga mengikuti jejak tersebut dan mem-buat
perkembangan multimedia menjadi sangat cepat. Tidak hanya sebatas pada komputer
yang digunakan, tetapi juga sampai pada perangkat lunak (software).Sekarang ini
multimedia banyak digunakan untuk bidang Advertising (Periklanan) ataupun
untuk presentasi bisnis.
Multimedia
terdiri dari berbagai elemen seperti suara, gambar, animasi dan teks. Dalam peran-canganya secara
tidak langsung user dituntut untuk dapat menguasai program –program pengolah
elemen tersebut:
- Teks. merupakan elemen dasar dari aplikasi Multimedia. Teks merupakan kumpulan huruf, angka dan bahkan symbol tertentu yang dapat merepresentasikan data seperti nama dan nilai. Format : txt
- Gambar. merupakan suatu data bersifat non karakter yang terbentuk dari suatu jaringan (grid) titik – titik yang sangat kecil.
- Gambar Bitmap (Raster image) adalah gambar yang menggunakan grid / matrik warna yang disebut dengan pixel untuk merepresentasikan kembali gambar di layer monitor. Gambar berpola bitmap sangat bergantung kepada tingkat kerapatan pixel (resolusi), oleh karna itu gambar bitmap berisikan jumlah pixel tertentu dan apabila gambar bitmap di perbesar melebihi batas jumlah maximal tingkat resolusinya akan timbul jagged atau berundak yang men-gakibatkan gambar tersebut terlihat pecah. Format : Jpeg, Tiff, Bmp, PNG dll Gambar atau Image berpola Vektor
- Gambar Vektor adalah gambar yang di bentuk dari sekumpulan garis lurus dan garis lengkung (kurva). Menggunakan perhitungan geometri (posisi x dan y). Gambar vector tidak bergantung pada tingkat resolusi, oleh karna itu gambar vector bisa di perbesar atau di perkecil tanpa mempengaruhi kualitas dari gambar tersebut. Format : Ai, Fh, Cdr dll
- Suara, merupakan suatu gelombang ( sinyal ) analog berbentuk sinusoidal. Untuk pemakaian dalam komputer, gelombang tersebut diubah menjadi sinyal digital dan disimpan dalam bentuk data didalam komputer Format : Wave, Mp3, Midi, WMAdll
Animasi dan Video merupakan sekumpulan gambar
yang dibuat bergerak dalam satu satuan waktu (second).
Komentar
Posting Komentar